KERJA SAMBILAN

KERJA SAMBILAN
KOMISI BAGUS ADALAH SALAH SATU BISNIS ONLINE DAN KERJA SAMPINGAN ADMIN

Rabu, 20 Maret 2013

TEKHNIK PEMASANGAN REGULATOR GACUN

BACA : PELUANG BISNIS DAN KERJA SAMBILAN UNTUK ANDA 

Power Supply Gacun



Kit Power SUpply Gacun adalah Sebuah terobosan yang sangat berguna. Regulator apapun dan bagaimana pun selama trafo converternya masih bagus, Kit ini dapat bekerja dengan baik untuk menggantikan rangkaian regulator aslinya. Dengan membuang habis semua jalur rangkaian regulator asli (tentunya yg sudah rusak dan tidak dapat di repair lagi) bagian primer,dan kita hanya perlu dua titik pasang.Yaitu pin trafo yang terhubung dengan tegangan input ( VCC) biasanya 300v,dan pin yang menuju ke collector Transistor /IC regulator.

Cara pemasangan nya adalah sangat mudah .Regulator gacun hanya mempunyai tiga (3) jalur kabel; Kabel Merah adalah VCC input yang nantinya dipasang pada titik trafo yg menuju collector TR/IC regulator. Kabel hitam adalah ground ( negative) dan Kabel Biru adalah  ke jalur Optocoupler, untuk feedback ( pendeteksi perubahan tegangan output, kabel ini bisa dipasang atau pun boleh dibiarkan saja. 
*) Pada Prakteknya, saya tidakpernah memasang kabel Biru ini.
 
 Jangan di copot capasitor dan resistor yg berada dijalur VCC ke collector ( kapasitor/resistor osilasi trafo biasanya mulai 680pF-2n2F/2KV).

Putar trimpot gacun pada posisi minimum ke kiri habis ( CCW ).hidupkan power supply.dan atur tegangan output regulator sebagaimana mestinya. TV biasanya 115V untuk B+ nya.5V untuk regulator DVD dsb.
Cara Pasangnya berikut ini :

 Cukup mudah bukan? yaaa itung itung klu beli IC mahal..tapi ini hanyalah sebagai option teraklhir saja 








Perbaikan Regulator  Gacun

kerusakan modul switching regulator serbaguna / Gacun biasa disebabkan beban terlalu berat, overheat/panas berlebih, konslet pada bagian sekunder, salah pemasangan dsb.


Pada gambar komponen yang dilingkari adalah komponon  yang sering terjadi dan beruntun. Memang begitu adanya apabila terjadi kerusakan short pada FET (Q1) arus tegangan akan mengalir langsung ke R2 dan R2 akan putus karena kelebihan beban, dengan putusnya R2 mengakibatkan arus tegangan mengalir lagi pada R3, karena R3 mendapat supply tegangan yang besar mengakibatkan r3 dan IC rusak.
 

Berikut Skemanya Ekuivalentnya:



 kesimpulan :
- jika kerusakan FET (Q1) short dan R2 putus kemungkinan besar R3    dan IC rusak dan harus dilakukan penggantian pada Q1, R2, R3 dan IC
- namun jika R2 tidak putus / masih baik komponen yang lain juga baik. dan bisa dilakukan penggantian hanya pada Q1.




Bilamana sudah tidak bisa di perbaiki lagi, mending beli yg baru saja. lagian tidak terlalu mahal khan? daripada waktu anda terbuang percuma. ingat Waktu adalah uang!!....... ck ckck

Catatan + Saran: Jika anda mencoba memperbaiki Blok Gacun ini tetapi Komponen Q1/FEt susah mendapatkan di toko, anda bisa menggunakan FET eks Monitor Komputer yang masih bagus, karena rata-rata monitor komputer menggunkan Blog Switching/PowerSuplay sama seperti cara kerja GACUN ini. Entah , Apa Gacun yang mengikuti Blok rangkaian seperti ini....

8 komentar:

Riyan Widiyanto mengatakan...

Sangat bermanfaat gan infonya. Terima kasih.

divya chirsty mengatakan...

Really excellent Post..and i enjoyed to read..
Web Designing Company Bangalore
Web Development Company Bangalore
Web Design Company Bangalore

Angga Saputra mengatakan...

Mas klu fetnya putus, bisa gk diganti dg tipe k4107 fet bekas las..?

listiawan agus susanto mengatakan...

teganan yang ke optocopler referensi dari sekunder berapa om, agar teggangan output stabil

terimakasih

Netral Game mengatakan...

apakah untuk psu komputer bisa menggunakan gacun juga ?

Anonim mengatakan...

Sekedar bantu nih,gacun kit ini ibaratnya sebuah perangkat switching untuk FBT(Flyback Transformer) dari TV untuk supply HV ke anoda CRT dan tegangan2 lainnya untuk focus dll. Powernya(300Vdc) didapat dari menyearahkan 220Vac,masuk ke FBT(kabel merah) lalu di switch frequency tinggi yang dibangkitkan oleh IC UC3842-45,lebar pulsa nya (duty cycle) diatur oleh potesiometer(PWM=Pulse Width Modulation) untuk memperoleh tegangan sekunder FBT yg diinginkan.kalau kabel biru(umpan balik=feedback) tidak dipakai maka kerjanya gacun ini offline.begitulah kira2.

Anonim mengatakan...

Jikalau gacun bekerja nya offline maka tegangan output FBT tidak stabil,bila tegangan 220v PLN naik turun-tegangan yg 300V dan output FBT juga akan naik turun, bila ingin stabil maka kabel biru/feedback dipakai dengan cara menghubungkan ke optocoupler(ic berkaki 4) yg sdh ada sebelumnya di TV anda.sebelumnya dipotong dulu jalur pcb nya lalu sambungkan kabel biru ke sisi optocoupler.mudah2an siip and stabil seperti aslinya.

Setyo Budi mengatakan...

kabel biru untuk stanby atau off gacun, soalnya trimpot dijalur HOT dan mudah saja waktu jalan kabel biru sambung ke ground tegangan tidak keluar ,sebagai proteksi bukan pengatur teg output ,maaf

Mengenai Saya

Foto saya

Servis Elektronika Dan Peralatan Listrik " IN'STV " Jl. Dukuh Pegaengan, Desa Harjosari lor RT 09/02 Kec. Adiwerna Kab. Tegal 52194. Menerima servis dan reparasi peralatan elektronika spesialis Televisi.